Halaman

Sabtu, 10 Maret 2012

Bisnis


1.  Jelaskan sejarah proses terjadinya perdagangan modern (BISNIS) ?  Sejak adanya manusia di muka bumi, mereka tidak berfikir untuk memproduksi tetapi hanya mengambil sepenuhnya dari alam. Sehingga mereka menghabiskan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan berjalannya waktu mereka mulai berkembang, dengan tidak lagi menggunakan sistem eksploitasi dan mulai mengenal bercocok tanam. Dari siatem eksploitas bergan ti dengan sitem pertukaran yang dikenal dengn sitem barter. Dengan cara seperti ini dikit demi sedikit kebutuhan mereka terpenuhi. Karena kebutuhan semakin meningkat mereka kebingungan mencari barang yang di inginkan tetapi barang tersebut tidak ada yang memiliki. Mulailah mereka menggunakan alat-alat tertentu seperti emas dan perak sebagai alat penukar. Namun cara inipun juga tidak efisien, sehingga mulai diedarkannya mata uang yang terbuat dari kertas dan logam, yang di sebut dengan uang kartal. Dan dengan ribetnya membawa uang yang banyak dan terlalu beresiko mereka mengganti uang dengan hal yang lebih simpel seperti uang giral siantaranya cek, bilyet giro, kartu kredit dan lain-lain. Usaha untuk melakukan transaksi terhadap barang dan jasa menjadi semakin mudah, dengan adanya perusahaan dan majunya bisnis juga sebagai penyebab majunya pertumbuhan ekonomi. Masa-masa inilah yang merupakan perkembangan dan proses modernisasi daripada perdagangan modern (bisnis).
Ekonomi modern di awali dengan perkembangan perekonomian yang ada di negara-negara eropa. Pada perkembangan tersebut terdapat perubahan yang menarik di Eropa. Kota-kota yang semula kerajaan berubah menjadi pusat kegiatan ekonomi. Dari perubahan ekonomi ini menyebabkan timbulnya perusahaan dan kaum buruh. Disamping itu juga tumbuhnya perubahan politik mengatur kota-kota yang semula kerajaan dengan sistem pemerintahan. Contoh negara inggris merupakan salah satu contoh ekstrim. Kota-kota seperti london, mancaster, dan liverpool berkembang menjadi daerah perekonomi dan pemerintahan. Kota-kotat tersebut mendorong perkembangan kebiasaan sosial dan perekonomian yang baru. Liverpool menjadi pusat perdagangan besar, dan disana pula dibangun perusahaan-perusahaan dengan skala cukup besar yang mengakibat pertumbuhan ekonomi meningkat karena menimbulkan pekerjaan pada pendduk-penduduk sekitar yang dikenal denag kaum buruh dan pengusaha disebut kaum borjuis. Semakin banyaknya perusahaan yang tumbuh di negara tersebut mengakibatkan pembudakan terhadap para kaum buruh yang memicu pemberontakan dari kaum buruh dan dari sini peran pemerintah bergerak sebagai penengah yang akhirnya menetapkan aturan-aturan dalam perekonomian.
2.  Jelaskan, mengapa faktor eksteren perusahaan sangat mempengaruhi terhadap maju-mundurnya suatu usaha organisasi (perusahaan) ? Perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Sekarang,manusia menuntut pada perusahaan untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Perusahaan tidak dapat mempunyai prinsip-prinsip “semau gue” dalam melaksanakan kegiatannya. Perusahaan harus mengerti tentang lingkungan perusahaan. Lingkungan perusahaan tersebut antara lain lingkungan individu, perusahaan dan masyarakat yang dapat berdampak pada baik buruknya perusahaan. Dalam perusahaan ada beberapa faktor-faktor eksternal yang banyak ragamnya antara lain perekonomian, politik, hukum, sosial dan fisik yang masing-masing saling menunjang dan berhubungan. Dimana perusahaan sangat berpengauh terhadap masyarakat untuk membeli atau memakai jasa dari yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus berhubungan baik kepada masyarakat atau kelompok-kelompok yang berkepentingan didalam masyarakat. Agar tidak menimbulkan kesan-kesan negatif terhadap perusahaan dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Unuk itu perusahaan harus dapat mengatasi masalah-masalah dari faktor-faktor eksternal separti lingkungan fisik yang berdampak pada pencemaran udara, pencemaran air, pencenmaran tanah. Lingkungan perekonomian yang berdampak pada urbanisasi seperti di kota-kota besar dan lain-lain. Lingkungan hukum, hukum yang ada di indonesia  dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu hukum privat dan hukum publik. Hukum privat adalah hukum yang menyangkut kepentingan seseorangdan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Sedangkan hukum publik adalah hukum yag menyangkut kepentingan dan keamanan publik. Dimana dampak dari hukum ini adalah kelegalan perusahaan didalam negara. Lingkungan pemerintahan, pemerintah telah banyak membantu dalam usaha-usaha perusahaan di indonesia, misalanya dari transportasi dimana dari BUMN ini dapat menjadikan pemicu munculnya BUMS atau perusahaan-perusahaan swasta lainnya. Lingkungkungan internasional baik sebagai perusahaan ekspor-impor atau sebagai investor-investor bagi perusahaan dalam negeri. Untuk itu perusahaan harus tanggap dan peduli pada lingkungan-lingkungan peusahaan agar tidak terjadi keganjalan atau hambatan dalam operasional perusahaan. Dan dampak dari lingkungan internasional adalah sulitnya nanti perusahaan mengekspor atau mengimport barang,atau perusahaan sulit mencari modal atau investor-investor yang dapat meningkatkan usaha-usaha perusahaan. Selain itu juga akan berdampak pada pemerintahan.
3.  Sejak kapan proses pengawasan dilakukan dalam proses manajemen suatu organisasi ? jelaska ! Pengawasan merupakan kegiatan atau fungsi terakhirdari managerial dengan pengawasan dapat diketahui tentang hasil yang telah tercapai. Cara yang dilakukan dalam pengawasan yaitu pembandingan dengan segala sesuatu yang telah dijalankan dengan standart yang telah dibentuk sebelumnya dan melakukan beberapa perbaikan-perbaikan bila terjadi penyimpangan. Pengawasan dilakukan dari tahap ketahap agar dapat diketahui kekurangan-kekurangan dan penyelewngan-penyelewengan untuk dapat diperbaiki baik masalah- masalah kecil maupun masalah-masalah besar. Pengawasan dilakukan sejak pengorganisasian,agar tidak terjadi kesalah fahaman dalam organisasi. Adapun beberapa langkah-langkah dalam pengawasan : 
1.   menciptakan standart : standart merupakan suatu kriteria untuk mengukur suatu hasil pekerjaan yang sudah dilakukan. Standart disini dibgi menjadi dua yaitu standart kuantitatif : merupakan standart yang dinyatakan didalam satuan satuan tertentu. Standart kualitatif : suatu standart yang dinyatakan berupa pendapat umum.
2.   membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standart : dilakukan untuk mengetahui sampaisejauh mana hasil yang diperoeh dan dakah penyimpangan-penyimpangannyadan sudah seberapajauh penyimpangan tersebut.
3.   meakukan tindakan koreksi : langkah ketiga ini dilakukan dengan tujuan memperbaiki dan menyempurnakan segala kegiatan. Urutan-urutan kegiatan yang harus diaksanakan dalam pengambilan koreksi ini adalah :
·         Menghayati masalah-masalah yangdihadapi.
·         Mencari kemungkinan-kemungkinan untuk mengatasi atau memperbaiki adanya kesalahan.
·         Mengadakan penilaian terhadap berbagai kemungkinan tersebut.
·         Menentukan cara-carauntuk mengadakan koreksi yang tepat.
Dalam mengadakan pengawasan dengan langkah-langkah diatas perlu dahulu mencari informasiyang dibutuhkan. Informasi yang dibutuhkan tersebut meliputi informasi tentang kemajuan yang elah dicapai, informasi tentang adanya penyimpangan, dan sebagainya. Informasi tersebut dapat akan diperoleh setelah kegiatan-kegiatan sudah dilakukan. Adapun syarat-syarat pengawasan yang baik antara lain, aktivitas, obyektif, teliti , sesuai standar, fleksibel, harus serasi dengan pola organisasi, pengawasan harus ekonomis pengawasan harus serasi dengan pola perusahaan, pengawasan harus mudah dimengerti dll.
4.  Identik-kah antara perusahaan dengan bisnis?jelaskan dan berikan contoh !
Perusahaan dan bisnis memang memiliki kesamaan dalam peranannya dalam kegiatan perekonomian, tapi sebenarnya berbeda. Perusahaan adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi secara maksimal untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan yang digerakkan oleh orang-orang didalamnya yang disebut organisator. ada lima unsur penting dalam perusahaan yaitu, a.) Organisasi, Berasal dari kata organ yang berarti alat atau disebut juga alat produksi. Organisasi ini adalah sekumpulan orang yang berkumpul pada satu tempat yang memiliki tujuan yang sama. Dan tujuannya sudah diperhitungkan yaitu untuk menciptakan suasana kerja yang baik yang dapat menghasilkan kerja yang baik. b.) Produksi, Usaha untuk menghasilkan atau mendapatkan barang baik secara langsung yang terdiri dari produksi primer yang bahan bakunya langsung dari alam maupun sekunder, yang bahan atau materialnya bertujuan meningkatkan barang tambahan tersebut menjadi lebih berguna dan produksi tidak langsung yaitu dengan memberikan jasa-jasa yang berguna bagi konsumen yang dapat menguntungkan perusahaan. c.) Sumber ekonomi, Terdiri dari 4 M (Men, Money, Material dan Methode) hal ini juga disebut input. Faktor produksi men atau manusia memiliki peran ganda sebagai tenaga kerja sekaligus konsumen. Uang merupakan unsur penting sebagai modal. Material merupakan elemen yang digunakan sebagai sarana yang bersifat produktif yang dikategorikan menjadi dua yaitu tanah dan sumber-sumber alam, seperti hasil hutan, hasil pertanian dan mineral. d.) Kebutuhan, yaitu kebutuhan akan barang dan jasa. Sebuah perusahaan hanya akan memproduksi barang-barang tertentu saja, sedangkan kebutuhan akan barang yang lain akan diproduksi oleh perusahaan yang lain, misalnya : perusahaan garmen hanya akan memproduksi pakaian saja, perusahaan elektronik akan menghasilkan barang elektronik, dll. e.) Cara yang menguntungkan, cara-cara dalam penguntungan dari setiap perusahaan berbeda-beda tergantung perannya atau perusahaan dalam bidang apa. Contoh,perusahaan A memproduksi minuman kaleng, dalam hal ini dapat di ketahui biaya produksi, bahan baku dan efisiensi produk. perannya dalam bidang produksi barang siap saji. Barang produksi didistribusikan pada departmentstore yang bergerak pada distibutor, dari distibutor dipasarkan pada konsumen. Dan inilah yang disebut bisnis adanya saling menguntungkan dari setiap peran,dari produsen, distibutor, akhirnya konsumen. Dan kesemuanya tidak merasa dirugikan dan mendapatkan untungnya atau manfaatnya.
5.  Mengapa perusahaan berbentuk PT ( Perseroan Terbatas ) harus berbadan hukum ? Jelaskan dan beri contohnya ! Perseroan Terbatas harus memiliki badan hukum karena memiliki kekayaan sendiri yang terpisah dari kekayaan pribadi masing-masing pemegang saham. Kepada pemegang saham hanya dibayarkan dividen apabila perseroan itu mendapat laba. Kalau perusahaan rugi, tidak boleh dibayarkan dividen kepada persero. Oleh karena itu setiap tahun diwajibkan kepada direktur untuk melaporkan keuntungan yang diperolehnya. Saham yangdikeluarkan oleh Perseroan Terbatas pada pokoknya dibagi menjadi dua jenis saham yaitu :saham biasa dan saham istemewa. Bentuk Perseroan Terbatas biasanya dipakai untuk kegiatan usaha besar yang memerlukan modal dalam jumlah yang besar. Untuk memperoleh modal yang besar sesuai dengan keinginan untuk memperluas volume usahanya. Biasanya Usaha Perseorangan,Firma, atau CV dapat mengubah bentuk menjadi Perseroan Terbatas. Perubahan bentuk ini dapat dilakukan setelah bentuk usaha yang lama dibubarkan terlebih dahulu atau dilikwidir. Semua kekayaan dari perusahaan lama harus dijual untuk dijadikan uang tunai, kemudian seluruh hutang dilunasi dan sisanya dapat ditanam pada perusahaan baru. Didalam pendirian PT harus melalui akte notaris dan harus dipenuhi syarat-syarat tersebut baik finansial maupun yuridis yang telah ditetapkan pemerintah. Rapat umum pemegang saham, rapat ini di rapatkan mereka-mereka yang memiliki saham pada PT dan mereka memiliki kekuasaan tertinggi pada perusahaan. Rapat umum pemegang saham biasanya minimal setahun sekali. Komisaris, yaitu orang-orang yang dituskan oleh para pemilik saham untuk mengawasi segala tindakan direksi dan menjaga agar tindakan direksi tidak merugikan perusahaan. Selain itu komisaris juga menjaga direksi agar menjalan tugas yang telah diputuskan dalam rapat umum pemegang saham. Dalam rapat umum biasanya direksi dan komisaris dapat diganti atau di pilih kembali. Dewan direktur, dewan direktur dipilih dan diangkat oleh rapat umum pemegang saham untuk waktu tertentu. Adapun tugas dari dewan direktur yaitu mengurus harta kekayaan perseorangan, mengemudikan usaha-usah perseorangan, mewakili perseorangan didalam dan diluar pengadilan. Secara organisator pemilik saham memiliki dewan direktur dan dewan direktur memiliki direktur-direktur, wakil direktur dan pengurus-pengurus yang memimpin bagian-bagian perusahaan. Contoh, pengorganisatoran didalam perusahaan PT.ASRI yang sahamnya dimiliki oleh si A dan si A mengadakan rapat dengan persero lainnya dan si A menunjuk si B untuk mengawasi kerja dari si C agar tidak merugikan perusahaan yang berdampak pada saham si A.
6.  Identik-kah antara (PT) BUMN yang sudah Go Public dengan(PT) BUMN yang belum GO Public ? Beri contoh dari masing-masing ! Kegiatan BUMN masih dipengaruhi oleh seberapa besar pengaruh badan usaha ini terhadap hajat hidup orang banyak dan digerakkan oleh negara. Perbedaan antara kedua BUMN ini hanya pada diperjual belikan atau tidaknya saham yang dimilikinya terhadap pihak swasta (privatisasi). BUMN yang sudah Go Public, merupakan badan usaha yang dalam kegiatannya sudah memperjual belikan sahamnya minimal sebesar 51% dimiliki oleh pemerintah dan sisanya bisa dimiliki oleh pihak swasta. Dalam hal ini masih bisa dikatakan bahwa sebagai BUMN karena pemilik modal terbesar masih berada di tangan pemerintah. BUMN ini tidak hanya berorientasi untuk mensejahterakan rakyat tapi juga untuk mendapatkan keuntungan maksimum. Hal ini dapat diperjelas dengan contoh sebagai berikut. Peralihan PN (perusahaan negara) menajadi PT (persero) yang juga merupakan badan usaha milik Negara tentu saja membutuhkan modal yang sangat besar. Maka untuk penambahan modal, pemerintah memperjual belikan saham kepada pihak swasta. Adapun tujuan dari perseroan ini mencari keuntungan maksimum. peralihan PN menjadi PT ini dipengaruhi oleh dasar hokum antara lain :
a.) Intruksi Presiden RI nomer 17tanggal 28 desember 1967.
b.) Peraturan Presiden pengganti UU nomer 1 tahun 1969.
c.) Peraturan Presiden RI nomer 12 tahun 1969.
     Contoh BUMN go public perusahaan pertamia dimana sahamnya sudah dijual belikan kepada swasta meskipun masih berhubungan dengan hajat orang banyak.
BUMN yang belum Go Public tidak (belum) menjual sahamnya ke pihak swasta. Bukan berarti BUMN ini tidak akan menawarkan sahamnya, akan tetapi karena pengaruhnya yang masih sangat besar terhadap hajat hidup orang banyak membuat BUMN ini harus lebih berorientasi terhadap kesejahteraan masyarakat. Selain itu saham yang ada di dalam BUMN ini ditanggung oleh pemerintah sebagai donator utama. Hal ini sesuai dengan UUD pasal 33 ayat 2 yang berisi “Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. Contoh dari BUMN ini adalah Persero POS, yang sahamnya belum diperjualbelikan karena persero ini masih mempengaruhi hajat hidup masyarakat. Pemerintah masih membiayai persero agar tujuan dari persero ini tidak menyimpang. Perusahaan kereta api dimana masih dikendalikan oleh negara karena masih berorientasi pada kesejahteraan masyarakat dan tidak dijual belikan sahamnya. Meskipun BUMN sudah go public maupun belum go public tetap berhubungan pada hajat hidup orang banyak.
7.  Mengapa BUMD umumnya dikelola oleh pemda kurang berkembang untuk maju? Jelaskan.! BUMD adalah bentuk usaha pemerintah daerah pendiriannya didasarkan atas peraturan daerah (PERDA) dan modalnya merupakan kekayaan daerah yang dipisahkan dari kekayaan negara selain itu saham-sahamnya juga dimiliki oleh pemerintah daerah. Perusahaan daereah merupakan badan hukum apabila didirikan berdasarkan Peraturan Daerah dan telah mendapat pengesahan dari instansi atasannya, misalnya : dari PEMPROV untuk daerah Kabupaten. Sesuai dengan keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 1969, pengurus perusahaan-perusahaan daerah tidak lagi dilakukan oleh Badan Pimpinan Perusahaan-perusahaan Daerah ( BAPIPPDA ).  Perusahaan Daerah dipimpin oleh direksi yang susunan anggotanya ditetapkan dalam akte pendiriannya. Perusahaan ini biasanya tidak mendapatkan campur tangan dari pemerintahan pusat. Tapi dana pendiriannya masih ada bantuan dari pemerintah pusat. Perusahaan ini dimanfaatkan atau diberdayakan oleh pemerintah daerah untuk mencari keuntungan dan untuk memajukan daerahnya. Pemerolehan dana biasanya dari pajak yang diperoleh daerah tersebut dan sebagian digunakan untuk operasianal daerah dan sebagiannya untuk modal BUMD daerah tersebut. Pemperolehan dana yang minim inilah PEMD kurang dapat berkembang. Dan hasil yang akan dicapai berbeda-beda dari daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Sebab tergantung daerah tersebut, apa bila daerah tersebut maju maka BUMD pun juga ikut maju.biasanya daerah-daerah yang dianggap sebagai daerah atau kota industri memiliki BUMD yang maju karena daerah tersebut sudah maju. Hal ini dikarenakan pendapan dari tiap daerah memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Dan faktor ini pula yang biasanya menjadi kelemahandari tiap pemerintahan daerah kenapa perusahaan mereka kurang dapat berkembang dan sulit meningkatkan fungsinya secara maksimal. Dan apabila BUMD ini dikelolalo oleh pemerintah tentu saja perolehan modal akan lebih mudah selain itu juga mendapat kontrol dan pemantauan langsung dari pusat. Namun BUMD merupakan ciri khas otonomi daerah, jadi kesejahteraan daerah pun tergantung bagaimana pemerintah daerah mengelolanya dengan bijak untuk mendapatkan hasil maksimal. Karena itu sulitnya berkembangnya perusahaan daerah. Adpun contoh-contoh perusahaan daerah misalnya PDAM dimana perusahaan daerah tersebut beroperasi pada air minum dan mengurus tentang air-air yang disetok untuk masyarakat daerah tersebut. Trans jakarta dimana perusahaan tersebut beroperasi untuk trasportasi dan untuk kesejahteraan warga dan hasilnya untuk daerah tersebut.
8.  Apa yang saudara ketahui tentang proses manajemen suatu organisasi untuk mencapai tujuan ? Jelaskan dan beri contoh !
proses manajemen adalah sebuah proses dimana adanya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan. Agar proses manajemen dapat mencapai tujuan. Maka proses manajemen itu perlu dibantu sejumlah unsur-unsur manajemen yang mencakup manusia, material, mesin, metode, modal uang dan marketing. Atau lebih singkatnya disebut dengan 6M. Proses manajemen yang dibantu oleh unsur-unsur manajemen dan diukur oleh norma-norma manajemen itu perlu dilalui setiap bidang manajemen.
Proses manajemen yang dimaksud adalah:
a.) Perencanaan
Fungsi perencanaan mengharuskan manusia untuk selalu bekerja berprogram. Hal ini sesuai dengan PBBS (Planning, Programming dan Budgetting system) yang mengajarkan prosedur, langkah-langkah mulai dari perencanaan harus disusun berdasarkan masalah, premis-premis, ramalan, sasaran dan sarana yang hendak dicapai. Atas dasar perencanaan ini disusunlah program dan target-target untuk kurun waktu tertentu
.                                                                                                      b.) Pengorganisasian
Pengorganisasian
adalah kegiatan membagi-bagi tugas dan menyusun struktur sesuai dengan simplicity principle dan simplicity of balance. Tujuan dari pengorganisasian adalah untuk menimbulkan prosedur yang sesuai sehingga alur wewenang, pemerintah, dan tanggung jawab menjadi jelas.
c.) pengarahan
Merupakan hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang menyangkut para bawaan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif untuk mencapai tujuan.
     d.) pengkoordinasian
      Penghubungan pendapat-pendapat yang berbeda-beda untuk diselaraskan dengan tujuan agar tercapai tujuan tersebut.
e.) Pengawasan
Pengawasan diartikan sebagai kegiatan pemimpin yang mengusahakan agar kegiatan-kegiatan terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Kegiatan yang akan dilaksanakan dan sedang berjalan dilakukan kontrol agar kegiatan-kegiatan terlaksana secara efektif dan efisien. Langkah-langkah pengawasan adalah penciptaan standard tujuan, membandingkan dengan standard tujuan, melakukan koereksi.
9.  Jelaskan strategi yang harus diterapkan oleh suatu perusahaan untuk merebut hati konsumen agar berkenan membeli barang-barang yang dihasilkan ? Beri contoh perusahaan apa dengan produk apa ? Cara untuk menarik konsumen antara lain dengan metode-metode dan memperlihatkan ciri khas yang menarik pada produknya, sehingga mampu menarik minat para konsumen untuk mengkonsumsi barang atau jasa yang memuaskan pembeli. Jika konsumen sudah merasa tertarik dan merasa produk itu cocok dengan keinginan dan standarnya. Maka kemungkinan produk itu akan menjadi langganan bagi konsumen. Untuk menarik konsumen itu dibutuhkan yang namanya promosi. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan dalam promosi adalah periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas dan hubungan masyarakat. Apabila promosi dianggap sudah menarik hati konsumen dan perusahaan menyadari keinginan dan kebutuhan pasar maka produsen akan terus memperbaiki pelayanan, dan konsumen pun juga merasa diuntungkan dengan membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Dengan demikian perusahaan dapat terus berproduksi dan memasarkan barang atau jasa dari perusahaan tersebut.  Perusahaan harus mengetahui tentang pemasaran Yang dibagi menjadi 10 antara lain pembelian, penyiapan barang dagangan, penentuan kualitas baku, penentuan harga, penjualan, reklame/promosi, pengangkutan, pergudangan, penanggulangan resiko dan penyediaan modal. Contoh perusahaan Toyota dimana perusahaan ini memproduksi barang barang otomotif seperti mobil. perusahaan ini memproduksi berbagai mobil dengan berbagai tipe misalnya mobil dengan tipe sedan sport dimana targetnya adalah anak-anak muda dan orang-orang penggemar balap mobil. Strategi yang dilakukan perusahaan dengan mempromosikan lewat madia-media masa dengan menonjolkan lelebihan-kelebihan dan kenyamanan mobil produksinya dan harga-harga yang dapat dijangkau konsumennya. Selain itu perusahaan juga memberikan pelayanan yang baik misalnya dengan menyediakan dieler-dieler resmi Toyota, pelayan perbaikan resmi bagi mobil-mobil toyota dan juga asuransi bagi mobil-mobil produksinya dan garansi yang di berikan pada konsumen untuk produknya. Selain  itu perusahaan juga terus mempelajari tentang apa-apa  keinginan-keinginan konsumen dalam mewujudkan kepuasan knsumen. Dengan penyediaan barang-barang dan penelitian terhadap kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen perusahaan berusaha menghasilkan produk yang sesuai dengan selera konsumen. Dari itu perusahaan tidak kehilangan pelanggannya dan dapat terus memperoleh laba yang dihasilkan dari produksinya dan dapat terus berproduksi.
10. Apa yang anda ketahui tentang :
a.) Bank
Menurut Undang-undang Nomor 10 tahun 1998 pengertian bank adalah sebagai berikut:
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Menurut SK Menteri Keuangan RI Nomor 792 tahun 1990 pengertian bank adalah: “Bank merupakan suatu badan yang kegiatannya di bidang keuangan melakukan penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan”. Dari definisi-definisi yang ada maka dapat disimpulkan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dan menyalurkan dana dari dan kepada masyarakat yang memiliki fungsi memperlancar lalu lintas pembayaran. lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit serta jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang
      b.) Lembaga keuangan non Bank
Pengertian lembaga keuangan non Bank adalah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan. Lembaga keuangan berkembang sejak tahun 1972, dengan tujuan untuk mendorong perkembangan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan ekonomi lemah.
c.) GIRO BILYET
Bilyet giro merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank untuk memindahka dananya kepada orang yang di tunjuk dan mempunyai rekening yang jelas pada bank tertentu. Tidak dapat diuangkan langsung secara tunai, pemindah bukuan yang dilakukan oleh bank hanya dapat dilakukan atas nama (tidak dapat diendosir). Tercantum tanggal penerbitan dan tanggal efektif, Bilyet giro dapat diserahkan bank sebelum tanggal efektif, jika tanggal efektif tersebut lebih awal dari tanggal penerbitannya. Tidak dikenakan biaya materai. Mencocokkan rekening koran dan giro, Secara berkala bank mengirimkan rekening koran giro kepada nasabah untuk mencocokkan atau mengecek kebenaran uang nasabah yang ada dibank di mana nasabah membuka rekening koran.

d.) DEPOSITO
Deposito penarikannya dapat dilakukan pada waktu tertentu atau dalam hal ini memiliki jangka waktu tertentu.jangka waktu ini dapat diperpanjang sesuai dengan periode yang diinginkan. Deposito berjangka ini banyak diperjual belikan di bank-bank pemerintah maupun bank-bank berlabel swasta. Deposito ini penarikannya berdasarkan perjanjian antara pihak bank dengan pihak ketiga. Penggolongan deposito terbagi menjadi dua yaitu deposito berjangka dan sertifikat deposito.
e.) SBI
SBI adalah surat berharga dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek.
Karakteristik SBI:
o Satuan unit sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah).
o Berjangka waktu sekurang-kurangnya 1 (satu) bulan dan paling lama 12 (dua belas) bulan.
o Penerbitan dan
perdagangan dilakukan dengan sistem diskonto.
o Diterbitkan tanpa warkat, artinya SBI diterbitkan tanpa adanya fisik SBI itu sendiri dan bukti kepemilikan bagi pemegang hanya berupa pencatatan elektronis.
o Dapat dipindahtangankan (negotiable).
f.) SUN
Merupakan kepanjangan dari surat utang Negara. Surat ini merupakan tanda bukti utang suatu Negara, neraga yang memiliki utang terhadap Negara lain akan mendapatkan SUN ini. Didalam surat ini terdapat nominal dari berapa banyak Negara tersebut mengalami utang. Sehingga suatu Negara yang dibebani utang dapat mengetahui bereapa banyak utang yang telah dilakukannya. SUN dibagi menjadi 2 macam, antara lain SUN jangka panjang dan SUN jangka pendek.
g.) BEI
BEI diartiakan sebagai Break Event Income atau suatu perusahaan yang mengalami impas (keadaan dimana tidak mendapatkan laba maupun rugi). Dalam hal ini, situasi ini terjadi pada saat perusahaan ini melakukan pembersihan barang-barang yang sudah tidak laku dipasaran. Mereka mulai menjual barang produksi mereka dengan harga produsen sehingga jauh lebih murah dari harga dipasaran. Barang-barang ini mengalami cuci gudang untuk menanggulangi kerugian yang terjadi. Sehingga perusahaan tetap mendapatkan keuntungan yang semestinya dan dapat terhindar dari kerugian. Dan barang yang dipasarkannya tidak terbuang dengan percuma.
h.) SERO
Sero atau saham yang dalam bahasa inggris disebut Stock merupakan bukti dari pemilikan sebagian tertentu pada suatu perseroan atau modal yang ditanam dalam suatu perseroan, yang dimiliki oleh individu dalam bentuk saham yang dikeluarkan oleh perseroan bersangkutan.
i.) AKUISISI
Akuisisi biasanya terjadi pada perusahan-perusahaan yang sudah Go Public. Hal ini dapat dicirikan dengan kegiatannya yang memperjualbelikan saham kepada pihak luar. Biasanya perusahaan melakukan ini dikarena kurangnya modal. Sehingga sebagai tambahan mereka harus menjual saham yang sudah ada.
j.) LIKUIDASI
Likuidasi terjadi pada saat
proses pembubaran dan pemberesan harta kekayaan perseroan oleh pihak ketiga. Yang didalamnya terikat oleh RUPS. Direksi perseroan bertindak sebagai likuidator atau pembubar perseroan.
k.) DIVESTASI
Divestasi terjadi pada perusahaan yang mengalami kelebihan modal. Perusahaan seperti ini hanya sedikit didunia, karena sebagian besar kita selalu dapat menilik adanya perusahaan-perusahaan yang memiliki modal yang kurang bahkan diantara mereka sudah mengalami kebangkrutan atau keterbelakangan.
l.) PRIVATISASI
Terjadi pada perusahaan yang dimiliki oleh Negara. Perusahaan-perusahaan ini biasanya sudah Go Public dan sudah mengalihkan tujuannya dari yang berorientasi terhadap kesejahteraan masyarakat sekarang memiliki tujuan lain yaitu mencari keuntungan maksimum..
m.) EMISI
Disebut juga sebagai perantara yang menanggung penjualan efek oleh emiten. Perantara-perantara ini merupakan lembaga keuangan non-bank yang memilikiperan penting untuk menjadi perantara penjualan efek-efek yang sudah dipercayakan oleh emiten. Adapun persyaratan daripada perantara antara lain permodalannya, pembinaan dan pengawasan, perjanjian dengan emiten dan usaha penjaminan emisi.
n.) Badan Arbitrasi Nasional Indonesia (BANI)
Bani merupakan lembaga penting yang memiliki otoritas untuk menyelesaikan sengketa baik masalah perdagangan, industri maupun keuangan yang tidak hanya terbatas nasional namun juga taraf internasional. Lembaga ini didirikan pada tanggal 3 desember 1977 oleh kamar dagang dan industri Indonesia.
11. Sebutkan dan jelaskan pengertian, landasan, asas, prinsip-prinsip koperasi sesuai dengan UU no 25 tahun 1992 ! Arti dari koperasi menurut indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan-badan hukum. Koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan dan kegotong royongan. Menurut Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 (Pasal 1 ayat 1) koperasi adalah Badan usaha yang beranggotaan orang-orang yang berkumpul secara sukarela (pasal 5 ayat I a.) untuk mencapai kesejahteraaan (pasal 3) memodali bersama (pasal 4.1) dikontrol secara demokratis (pasal 5 ayat b) orang-orang itu disebut pemilik dan pengguna jasa koperasi yang bersangkutan (pasal 17 ayat 1). Pembangunan atau pemberdayaan koperasi idealnya harus dimulai dengan memperhatikan asas dan prinsip-prinsip koperasi. Asas gotong royong dan kekeluargaan yang dianut oleh koperasi sudah secara tegas dinyatakan dalam amanat konstitusi. Sedangkan prinsip-prinsip dasar koperasi sebagian besar sudah sesuai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat di Indonesia sekarang ini (yang diwarnai dengan ketimpangan dan banyaknya jumlah orang miskin dan pengangguran). Landasan koperasi dapat dilihat dari isi pancasila dan UUD 1945 yang berlandaskan pada asa kekeluargaan. Asas koperasi sangat sesuai dengankepribadian indonesia yang juga sebagai pencerminan kehiduan dan aspek-aspek kepribadian indonesia dengan semboyannya bhineka tunggal ika yang sesuai dengan asas kekeluargaan. Sedangkan prinsip-prinsipnya sudah ada dalam pancasila mulai dari sila pertama hingga kelima. Selanjutnya, dalam undang-undang dinyatak bahwa fungsi koperasi indonesia adalah :
1. Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat.
2. Alat pendesmontrasi ekonomi nasional.
3. Sebagai salah satu alat urat nadi perekonomian bangsa indonesia.
4. Alat pembina insan masyarakat untuk memperkokoh kedudukan ekonomi bangasa indonesia.
Agar tujuan koperasi ( kesejahteraan anggota dan masyarakat ) dapat tercapai, anggota-anggota yang menjalankannya harus aktif memajukan usaha koperasi dan rajin menghadiri rapat kerja untuk memecahkan persoalan secara bersama-sama, makin besarnya usaha koperasi semakin besar dapat menimbulkan persoalan-persoalan besar pula. Dalam hal ini rapat anggota mempunyai wewenang untuk menentukan kebijakan umum, sedangkan pelaksanaannya dilakukan oleh pengurus koperasi. Kerja para pengurus ini sangat menentukan berhasil atau gagalnya usaha-usaha sebuah koperasi.
12. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang MARKETING MIX ? Berikan gambarnya ! Marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. Sebelum  membuat rencana tentang segmentasi pasar terlebih dahulu perusahaan harus menentukan sasaran pasarnya melalui studi kelayakan. Strategi dalam pemasaran dikelompokkan menjadi empat yaitu : Strategi produk, strategi variabel di atas sepenuhnya ditekankan kepada pelayanan konsumen. 
13. Apakah sama antara PT (BUMN) dengan PT (BUMS) ? Beri contoh ! Dalam konteks penambahan modal atau penanaman modal antara BUMN dan BUMS sama yakni modal ditawarkan kepada pihak swasta. Hanya perbedaannya untuk BUMN sebagian besar sahamnya harus dimiliki oleh negara, sebanyak 51% dan sisanya swasta. Adapun dasar hukum dalam BUMN yang merupakan perubahan bentuk dari perusahaan Negara menjadi Persero adalah :
1) Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 17 tanggal 28 Desember 1967.
2) Peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 1969. 3)Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 tahun1969.
Adapun ciri-ciri pokok BUMN adalah :
a)Makna usaha adalah untuk mencari keuntungan .
b) Status hukumnya sebagai hukum perdata berbentuk perseroan terbatas.
c) Hubungan-hubungan usaha diatur menurut hukum perdata.
d) Modal seluruhnya atau sebagian merupakan milik negara dari kekayaan negara yang dipisahkan seperti ini memungkinkan diadakannya usaha bersama dengan pihak swasta. Dan juga memungkinkan adanya privatisasi.
e) Tidak memiliki fasilitas-fasilitas negara.
f) Pimpinan dipegang oleh direksi.
g) Karyawan berstatus karyawan perusahaan swasta biasa.
h) Peranan pemerintah adalah sebagai pemegang saham.
Pada umumnya PT (BUMN) atau PT (BUMS) memiliki berbagai macam yaitu : PT Tertutup, yang saham-sahamnya hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja (Negara saja bila BUMN) tidak setiap orang bisa ikut serta dalam modalnya biasanya dimiliki oleh keluarga besar dari perusahaan tersebut. PT Terbuka, yang setiap orang dalam ikut ambil bagian dalam modal perusahaan. PT Kosong adalah PT yang tidak beroperasi lagi tetapi masih terdaftar dan PT kosong dapat dijual dan diusahakan kembali. PT Asing adalah PT yang didirikan di luar negeri menurut hukum yang berlaku di sana. PT Domestik adalah PT yang menjalankan usahanya dan berada di dalam negeri. PT Perseorangan yang ini biasanya ada pada BUMS saja di sini kekuasaan direktur tidak terpisah dengan rapat umum pemegang saham, sehingga nama PT mudah untuk disalah gunakan. Contoh dari PT BUMN adalah PT PERTAMINA, PT PERHUTANI, TELKOM. Sedangkat contoh untuk BUMS adalah PT GUDANG GARAM.Tbk, PT HM SAMPUERNA.Tbk,  PT MEDIA FARAMA, PT DJARUM.





























 



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar